Wednesday, 19 October 2016

Pengertian Strategi

Pengertian Strategi Menurut Para Ahli

Istilah strategi sebenarnya tidak asing dalam setiap percakapan sehari-hari. Seringkali istilah strategi dalam pemikiran kita mempunyai pengertian sendiri dalam membaca kata ini, baik dalam sebuah tulisan atau sedang berbicara dengan orang lain. Makmur (2009:128) menyatakan bahwa strategi adalah suatu tindakan yang sangat berpengaruh dan sangat menentukan keberhasilan terhadap program atau kegiatan, baik yang akan maupun yang telah direncanakan oleh pihak manajemen.


Freddy Rangkuti (2002:3) mengatakan bahwa, strategi adalah cara untuk mencapai tujuan. Sejalan dengan yang diungkapkan Sjafri Mangkupeawira (2004:1) bahwa strategi adalah cara mengerjakan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu. Strategi yang baik tidak hanya ditentukan olah suatu kecerdasan idividual, melainkan oleh hasil kerja bersama, terutama untuk bisa memperoleh data yang akurat mengenai masalah-masalah sosial yang menjadi tujuan perubahan dan kekuatan yang tidak menghendaki perubahan tersebut berlangsung. Tanpa suatu pengetahuan yang akurat, maka strategi tidak lebih merupakan dogma atau impian yang sangat mungkin merupakan alamat untuk kehancuran.

Mahardika (2006:58) mengungkapkan bahwa strategi adalah jalan untuk mencapai suatu tujuan. Untuk mencapai tujuan tersebut bukan saja dibutuhkan kemampuan untuk membangun jalan tersebut secara baik, dan memberikan keselamatan kepada mereka yang melaluinya tetapi juga patut melengkapi diri dengan pengetahuan yang akurat tentang route yang akan dilalui, atau posisi berdiri kita sendiri dan posisi berdiri dari kekuatan anti perubahan.

Menurut Hessel Nogi Tangkilisan (2003:20) strategi adalah suatu proses dimana misi dan tujuan dasar organisasi disusun dengan menggunakan sumber dayanya untuk mencapai tujuan tersebut. Strategi dibutuhkan karena adanya perkembangan masyarakat, kemajuan teknologi, dan tuntunan pasar secara keseluruhan. Organisasi yang memiliki visi berarti, memiliki strategi yang dapat diartikulasikan dengan baik, dan organisasi tersebut akan mudah mencapai keunggulan kompetitif berkelanjutan dari pada organisasi yang tidak punya visi semacam itu.

Adapun Benjamin Tregoe dan Jhon William (dalam Fitri dan Muliawan 2008:12) mendefinisikan strategi adalah sebagai "kerangka yang membimbing pilihan-pilihan yang menetapkan arah serta karakteristik suatu organisasi. Dalam kesempatan lain Hessel Nogi Tangkilisan (2005:252) mengungkapkan bahwa strategi adalah upaya pengembangan keunggulan organisasi atau institusi daalm lingkungan eksternal yang kompetitif untuk pencapaian tujuan atau sasaran organisasi. Strategi menyinggung masalah bagaimana penggunaan dan pengelolaan sumber daya organisasi dan masalah interaksi organisasi dengan lingkungan eksternalnya.

Lebih lanjut May Rudi (2002:1) mengatakan bahwa strategi adalah seluruh keputusan kondisional yang menetapkan tindakan-tindakan yang akan dan yang harus dijalankan guna menghadapi setiap keadaan yang mungkin terjadi dimasa depan. Merumuskan suatu strategi berarti memperhitungkan semua situasi yang mungkin dihadapi pada setiap waktu dimasa depan kemudian dari semenjak sekarang sudah menetapkan atau menyiapkan tindakan mana yang akan diambil dan dipilih kelak, guna menghadapi realisai dari setiap kemungkinan tersebut.

Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa strategi merupakan cara atau upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut, strategi tidak berfungsi sebagai peta jalan yang hanya menunjukan arah saja, melainkan harus mampu menunjukan bagaimana taktik oprasionalnya.

No comments:

Post a comment