Wednesday, 19 October 2016

Pengertian Pemerintahan Negara

Pengertian Pemerintah

Secara etimologi, kata "pemerintah" dapat diartikan sebagai "perintah" atau "menyuruh" atau "disuruh", artinya melakukan sesuatu kegiatan yang bersifat menyuruh atau disuruh atau melakukan susetau pekerjaan "memerintah" atau "diperintah".

Menurut Robert Mac Iver yang dikutip Syafiie (2011:7) mengatakan, "Government is the organization of men under authority. How man can be govern". Pemerintah adalah sebagai suatu organisasi dari orang-orang yang mempunyai kekuasaan. Bagaimana manusia itu bisa diperintah.

Budi Supriyanto (2009:21) menyatakan, "pemerintah adalah badan atau lembaga yang melaksanakan tugas dan fungsi dalam rangka/upaya mencapai tujuan negara".

Menurut Montesquieu (dalan Budiardjo, 1986:151), pemerintah adalah seluruh lembaga negara yang bisa dikenal dengan naman Trias Political baik itu legislatif (membuat undang-undang), eksekutif (melaksanakan undang-undang), maupun yudikatif (mengawasi pelaksanaan undang-undang).

Berdasarkan uraian pendapat ahli diatas adapat disimpulkan bahwa, pengertian pemerintah adalah suatu badan atau lembaga negara yang melaksanakan tugas dan fungsinya untuk mencapai tujuan negara yang telah ditetapkan.

Pengertian Pemerintahan

Menurut Soemendar dalam Syafiie (2011:8) menyatakan, pemerintah sebagai badan yang penting dalam rangka pemerintahannya, pemerintah musti memperhatikan pula ketentraman dan ketertiban umum, tuntutan dan haeapan serta pendapat rakyat, kebutuhan dan kepentingan masyarakat, pengaruh-pengaruh lingkungan, pengaturan-pengaturan, komunikasi peran serta seluruh lapisan masyarakat dan legitimasi.

Budi Supriyanto (2009:21) mengatakan bahwa pemerintahan diartikan sebagai pejabat atau pelaksana kekuasaan negara, di dalamnya termasuk eksekutif, legislatif, dan yudikatif yang melaksanakan wewenangan untuk mewujudkan tujuan negara dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyatnya.

Menurut Utrech dalam Salam (2007:38), pemerintahan adalah gabungan dari semua kenegaraan yang berkuasa memerintah (arti luas) yaitu semua badan kenegaraan yang bertugas menyelanggarakan pemerintahan.

Menurut C. F. Strong dalam Salam (1963:38) mengatakan bahwa pemerintahan dalam arti luas mempunyai kewenangan untuk memelihara kedamaian dan keamanan ke dalam maupun ke luar.

Berdasarkan uraian pendapat para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa pemerintahan adalah suatu aparatur yang melaksanakan pemerintahan yang di dalamnya terdapat eksekutif, legislatif, dan yudikatif untuk mewujudkan tujuan negara dalam mensejahterakan rakyatnya.

Daftar pustaka:
  • Salam, Dharma Setyawan. 2007. Manajemen Pemerintahan Indonesia. Jakarta: Djambatan.
  • Syafiie, Inu Kencana. 2011. Manajemen pemerintahan. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

No comments:

Post a comment