Wednesday, 26 October 2016

Pengertian Bakteri

Pengertian Bakteri

Bakteri berasal dari kata Bakterion (Yunani= batang kecil). Di dalam klasifikasi, bakteri digolongkan dalam Divisio Schzomycetes. Bakteri adalah organisme bersel satu yang terlalu kecil untuk dapat dilihat kecuali dengan bantuan mikroskop. Bakteri berukuran mikron (1/1000 mm). Seperti juga makhluk hidup lain, bakteri membutuhkan makanan, air dan suhu yang sesuai untuk hidup dan berkembang biak. Terkadang makhluk kecil ini hidup damai dengan sesamanya tetapi ada kalanya mereka terlibat peperangan antara hidup dan mati untuk memperebutkan makanan dan tempat untuk hidup.

Bakteri berkembang biak dengan membelah diri, dan karena begitu kecil maka hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop. Bakteri walaupun bersel satu tetapi mempunyai berbagai organel yang dapat untuk melaksanakan fungsi hidup. Bakteri menimbulkan berbagai perubahan kimiawi pada substansi yang ditumbuhinya, mereka mampu menghancurkan banyak zat. Organisme amat penting untuk memelihara lingkungan kita, yakni dengan menghancurkan bahan yang tertumbuk di dalam daratan dan lautan, adapula dari beberapa macam menimbulkan berbagai penyakit pada binatang termasuk manusia, tumbuhan dan protista lainnya. Mikroorganisme ini sangat luas penyebarannya pada permukaan bumi, di atmosfer dan dilingkungan kita sehari-hari.

Bakteri berbentuk kokus dan ada yang berbentuk basil, pada umumnya bakteri yang berumur 2 sampai 6 jam lebih besar daripada bakteri yang umurnya lebih 24 jam. Secara garis besar tubuh (morfologi) bakteri dapat dikelompokan menjadi 3 golongan yaitu:

a. Basil (bacillus)

Basil dari bacilus merupakan bakteri yang mempunyai tongkat pendek/batang kecil dan silindris. Basil dapat bergandeng-gandengan panjang, bergandengan dua-dua, atau terlepas satu sama lain.

b. Kokus (coccus)

Kokus adalah bakteri yang mempunyai bentuk bulat, seperti bola-bola kecil. Jumlah bakteri dari golongan ini tidak sebanyak basil. Kelompok ini ada yang bergerombol dan bergandeng-gandengan berbentuk koloni.

c. Spiril (spirillum)

Spiril merupakan bakteri yang berbentuk bengkok seperti spiral. Bakteri yang berbentuk spiral sangat sedikit jenisnya, golongan ini merupakan golongan yang paling kecil jika dibandingkan dengan golongan basil dan golongan kokus. Bakteri yang berbentuk spiral tidak banyak jumlahnya (Waluyo, 2005).

No comments:

Post a comment