Tuesday, 25 October 2016

Manfaat Dan Nilai Gizi Jamur Tiram Putih

Manfaat Dan Nilai Gizi Jamur Tiram Putih Dalam Kehidupan

Jamur tiram adalah jenis jamur kayu yang memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan jamur kayu lainnya. Jamur timar mengandung protein, lemak, fosfor, besi, thiamin dan riboflavin yang lebih tinggi dibandingkan dengan jamur lainnya. Jamur tiram mengandung 18 macam asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh manusia dan tidak mengandung kolesterol. Macam asam amino yang terkandung dalam ajmur tiram adalah alanin, arginin, asam aspartat, sistein, asam glutamat, glutamina, glisin, histidin, isoleusin, lisin, methionin, fenilalanin, prolin, serin, treonin, triptofan, tirosin dan valin. Jamur tiram juga memiliki sifat yang dapat menetralkan racun dan zat-zat radio aktif dalam tanah (Widodo, 2007).

Jamur tiram putih juga mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Komposisi dan kandungan nutrisi setiap 100 gram jamur tiram dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Manfaat jamur tiram yang lain di bidang kesehatan adalah untuk menghentikan pendarahan dan mempercepat pengeringan luka pada permukaan tubuh, mencegah penyakit diabetes mellitus dan penyempitan pembuluh darah, menurunkan kolesterol darah, menambah vitalitas dan daya tahan tubuh, serta mencegah penyakit tumor dan kanker, kelenjar gondok dan influenza, sekaligus memperlancar buang air besar (Widodo, 2007).

Daftar Pustaka:

Widodo, N. 2007. Isolasi karakteristik senyawa alkoloid yang terkandung dalam jamur tiram putih. Skripsi sarjana Jurusan Kimia, Universitas Negri Malang.

No comments:

Post a comment