Monday, 17 October 2016

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Labu Kuning

Klasifikasi Dan Morfologi Labu Kuning

Labu memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap seperti karbohidrat, protein dan vitamin-vitamin. Karena kandungan gizinya yang cukup lengkap ini, labu dapat menjadi sumber gizi yang sangat potensial dan harganya pun terjangkau oleh masyarakat yang membutuhkannya. Labu dapat dijadikan juga bahan pangan yang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Dengan adanya perkembangan teknologi pengolahan pangan yang canggih, labu dapat menjadi bahan untuk pembuatan berbagai jenis makanan seperti roti, dodol, tepung, dan lain sebagainya (Sudarto, 1993).

Klasifikasi Tanaman Labu Kuning
Klasifikasi Labu Kuning
KingdomPlantae
Divisi Spermatophyta
Sub divisi Angiospermae
Kelas Dicotyledonae
Ordo Cucurbitales
Familia Cucurbitaceae 
GenusCucubita moschata Duch
Spesies Cucubita moschata Duch
Morfologi Tanaman Labu Kuning

Labu kuning merupakan tanaman merambat dengan batang berbentuk segi lima, sangat panjang, berambut (pilosus) yang kaku dan agak tajam. Panjang batang dapat mencapai 5-10 meter atau bahkan lebih. Batang bersifat basah (herbaceous) penuh dengan bintik kelenjar. Daunnya cukup besar, berbentuk menyirip, ujungnya agak meruncing, tulang daun tampak jelas, berbulu halus dan agak lembek sehingga jika terkena sinar matahari agak layu (Tim Penulis PS, 1993). Daun labu kuning berukuran lebar dengan diameter mencapai 20 cm dan berwarna hijau keabu-abuan dengan tangkai sepanjang 15-30 cm. Bunga labu kuning berbentuk lonceng, berwarna kuning cerah dan bersifat uniseksual- monoceus yakni bunga berkelamin tunggal dan berumah satu. Dalam satu rumpun bunga terdapt bunga jantan dan bunga betina terdapat pada satu individu atau batang tanaman. Sedangkan buah labu kuning berbuah sejati tunggal yang berdaging dan berat rata-rata buahnya antara 3-5 kg bahkan bias mencapai 15 kg (Steenis, 2003 dalam Tedianto, 2012).
Dinding buahnya dapat dibedakan dengan jelas dalam 3 lapisan, yaitu kulit luar (exocarpium) yang sangat kuat dan keras berwarna kuning, kulit tengah (mesocarpium) yang tebal berdaging dan berair serta dapat dimakan sehingga dinamkan daging buah (sarcocarpium) dan kulit dalam (endocarpium) yang berbatasan dengan ruang yang berisi biji (semen).

2 comments:

  1. maaf kok morfologi nya gak ada yaa ? Hee

    ReplyDelete
  2. Kelupaan mas. Itu sudah saya buatkan morfologinya. Terimakasih sudah mampir. Bantu share artikel ini ya

    ReplyDelete