Thursday, 20 October 2016

Klasifikasi Dan Morfologi Sirsak (Annona muricata L)

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Sirsak

Sirsak banyak dikonsumsi di berbagai daerah, bisa dijadikan jelly buah, penyusun minuman, es krim dan sirup.(32) Selain itu, tanaman ini memiliki efek pengobatan dari hampir semua komonen dari tanaman sirsak, tanaman sirsak dapat bersifat sebagai antibakteri, antivirus dan properti antiparasit.(30) Ekstrak kulit batang dari Annona muricata diketahui dapat menghambat cytopathic effect dari HSV-1, sedangkan pada penelitian terbaru melaporkan bahwa ekstrak metanol dari tanaman ini dapat menghambat aktivitas Herpes Simplex Virus-2 (HSV-2). Kandungan giganthalamicin dan gigantetrocin menunjukkan efek sitotoksik pada karsinoma paru A 549, karsinoma payudara MCF-7 dan adenocarcinoma human tumor cell line HT-29 pada kolon.(28)

Klasifikasi Tanaman Sirsak
Klasifikasi Sirsak
Kingdom Plantae 
Divisi  Tracheophyta
Klas Magnoliopsida 
Ordo Magnoliales 
Famili Annonaceae
Genus  Annona L 
Species muricata L 
Morfologi Tanaman Sirsak

Buah

Bentuk buah ini tidak teratur, namun umumnya sering berbentuk oval atau berbentuk seperti hati dengan panjang buah 10-30 cm dan lebar sekitar 20 cm dengan beratnya mencapai 0,5- 10 kg. Kulitnya berduri kecil-kecil dan berwarna hijau tua ketika masih mentah dan akan berubah menjadi hijau kekuningan saat sudah matang. Daging buahnya mengandung segmen-segmen yang berserat dan berair, dimana bentuk seratnya memanjang. Pada bagian dalamnya terdapat 5-200 biji sirsak yang berukuran 1.25- 2cm. (28,35)

Daun

Daun sirsak memiliki panjang 7,6-15,2 cm dan lebar 2,5-7,6 cm, tekstur kasar, berbentuk elips, mengkilap di bagian atas daun, ada stipula, warna hijau pada atapnya, serat-serat yang mengarah lateral dan kuat, baunya menyengat dan bertangkai pendek sekitar 3-10 mm.

Biji

Biji buah sirsak kaya akan lemak dan protein dan sedikit kandungan toxicant (tanin, fitat dan sianida). Biji sirsak mengandung 22.10 % pale-yellow oil dan 21.43% protein. Jumlah lemak yang tersaturasi berkisar 28.07% dan yang tidak tersaturasi adalah 71.83%. Biji ini tinggi akan kandungan magnesium dan zinc daripada dagingnya.(28)

No comments:

Post a comment