Friday, 21 October 2016

Klasifikasi Dan Morfologi Mangga

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Mangga

Mangga adalah nama sejenis buah dan nama pohon. Mangga termasuk ke dalam Marga Mangifera, terdiri dari 35-40 anggota dan suku Anacard iaceae. Nama ilmiah mangga adalah Mangifera indica. Pohon mangga termasuk tumbuhan tingkat tinggi dengan struktur batangnya (habitus) termasuk kelompok arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 m. Mangga bisa mencapai tinggi 10-40 m (USDA).

Klasifikasi Tanaman Mangga
Klasifikasi Mangga
Kingdom Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
KelasMagnoliopsida (Berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas Rosidae
Ordo Sapindales
Famili Anacardiaceae
Genus Mangifera
Spesies Mangifera indica Linn
Morfologi Mangga

Daun

Cri-ciri fisik tanaman mangga adalah sebagai berikut: daun berwarna hijau, berselang seling, dan mempunyai bentuk lonjong, dengan panjang sebanyak 15-35 cm dan lebar 6-16 cm. Daun yang masih muda biasanya berwarna kemerahan, keunguan atau kekuningan, yang kemudian hari akan berubah pada bagian permukaan sebelah atas menjadi hijau mengkilat, sedangkan bagian permukaan bawah berwarna hijau muda. Daun berpangkal lancip dengan tepi daun bergelombang dan ujung meruncing, dengan 12-30 tulang daun sekunder (Janick & Paul , 2008).


Bunga dan buah

unga berbentuk bulir ujungnya dengan panjang 1-1,5 cm, ukuran bunga kecil dan berwarna putih, dengan lima kelopak yang panjangnya 5-10 mm, apabila kelopak bunga mangga rontok, buah akan matang setelah 3-6 bulan. Apabila masak buah akan terjuntai-juntai dari dahan dengan tangkai yang panjang, ukuran buah panjang antara 10-25 cm, diameter 7-12 cm. Berat hingga 2,5 kg dan memberikan bau yang wangi. Warna buah yang masak antara warna kuning, jingga, atau merah pada bagian yang menghadap ke matahari, dan warna kuning pada bagian yang tidak menghadap ke matahari (Redaksi Agromedia, 2007).






 

No comments:

Post a comment