Sunday, 9 October 2016

Klasifikasi Dan Morfologi Gajah Sumatera

Gajah Sumatera

Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) adalah hewan mamalia raksasa asli Indonesia dengan habitat asli di hutan pulau Sumatera yang tergolong ke dalam salah satu sub spesies gajah asia. Saat ini gajah sumatera sudah masuk ke dalam catatan merah IUCN karena keberadaanya yang hampir punah. IUCN (International Union for Conservation of Nature) adalah Lembaga Konservasi Dunia yang didirikan sejak 1948 di Fontainebleau Negara Perancis yang bekerja dalam bidang konservasi alam dan pemanfaatan sumber daya alam. IUCN juga mendorong masyarakat diseluruh dunia untuk melestarikan alam dan memanfaatkannya dengan baik dan adil agar berkelanjutan secara ekologis.

http://materipengetahuanumum.blogspot.co.id/2016/10/klasifikasi-dan-morfologi-gajah-sumatera.html

Berkurangnya jumlah populasi gajah Sumatera disebabkan oleh habitat aslinya yaitu hutan pulau Sumatera sedang mengalami kerusakan parah dan apabila tidak segera diperbaiki maka ke depannya populasi gajah akan terus berkurang seiring dengan meningkatnya kerusakan habitat aslinya.

Klasifikasi dan Morfologi Gajah Sumetera
Klasifikasi 
KingdomAnimalia
PhylumChordata
ClassMamalia
FamilyElephantidae
GenusElephas
SpesiesElephas maximus
Sub spesies Elephas maximus sumatranus

Morfologi/Ciri-ciri Gajah Sumatera
  1. Berat tubuh gajah Sumatera mencapai 3-5 ton dengan tinggi tubuhnya sekitar 2-3 meter.
  2. Kulit gajah Sumatera cenderung lebih terlihat terang dari pada kulit Gajah Asia yang bewarna lebih gelab.
  3. Bagian telinga terlihat bewarna flek merah muda, ukurannya lebih kecil dan berbentuk segitiga.
  4. Gading pada gajah jantan ukurannya lebih panjang, sedangkan pada gajah betina dengan ukuran gading yang lebih pendek dan hampir tak terlihat.
  5. Ciri khas gajah Sumetera adalah dua tonjolan dibagian atas kepala
  6. Pada kaki bagian depan terdapat 5 kuku dan dibagian belakang terdapat 4 kuku. 
Habitat Gajah Sumatera

Gajah sumatera dapat bertahan hidup di hutan-hutan dengan dataran rendah di bawah 300 meter dpl. Hewan ini lebih manyukai lingkungan hutan rawa dan gambut. Sebaran populasi gajag sumatera berada pada 7 provinsi yakni : Sumatera Utara, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, dan Aceh.

Kebiasaan Hidup Gajah Sumatera

Gajah sumatera tergolong hewan nokturnal yang beraktifitas di malam hari. Gajah akan terus bergerak menjelajahi hutan selama 16 jam dan waktu istirahat sekama 4 jam, sisa waktu yang lain digunakan untuk berendam dalam lumpur serta aktifitas lainnya. Gajah membutuhkan luas areal 20 km persegi untuk bergerak dan beraktifitas lainnya. Pada umumnya gajah liar membutuhkan luas areal pergerakan lebih luas yakni minimal 250 km persegi.

Gajah sumatera adalah hewan bersosial yaitu lebih menyukai hidup secara berkelompok. Setiap kelompokya terdiri dari 25-35 gajah yang dipimpin oleh satu ekor gajah betina, namun tak jarang juga ditemukan kelompok dengan jumlah anggota yang lebih sedikit. Hidup secara berkelompok sangat berperan penting dalam menjaga kelangsungan hidup hewan tersebut.

Jenis Makanan Gajah Sumatera

Gajah sumatera adalah hewan herbivora dengan memakan beberapa jenis tumbuhan diantaranya adalah rumput, dedaunan, ranting-ranting muda, umbi-umbian, dan juga buah-buahan. Namun gajah lebih menyukai jenis pakan rumput-rumputan. Gajah membutuhkan jumlah asupan makanan dalam tubuhnya sekitar 230 kg dan kebutuhan air sebanyak 160 liter.

Reproduksi Gajah Sumatera

Gajah jantan yang berusia melewati 12-15 tahun akan mengawini gajah betina berusia di atas 9-10 tahun. Gajah betina akan melahirkan setelah melewati masa kehamilan selama 22 bulan lamanya. Gajah betina hanya mampu melahirkan satu anak, namun dalam beberapa kasus gajah betina juga mampu melahirkan 2 anak. Selang kehamilan yakni 4-4,5 tahun.

Daftar Pustaka

https://en.wikipedia.org/wiki/International_Union_for_Conservation_of_Nature
https://jurnalbumi.com/gajah-sumatera/#taksonomi-morfologi
http://www.iucnredlist.org/details/199856/0
http://www.wwf.or.id/program/spesies/gajah_sumatera/





No comments:

Post a comment