Thursday, 6 October 2016

Ingin Menjadi Mahasiswa Sukses?, Temu Dan Kenali Misi Dan Mitra Studimu

A. Misi Utama Pendidikan Tinggi

Misi utama pendidikan tinggi yang sedang anda ikuti saat ini telah dijabarkan secara nasional dalam bentuk Tridharma Perguruan Tinggi, dengan liputan dan rincian yang dapat dirangkum sebagai barikut:

1. Pendidikan

Meliputi sistem peningkatan sikap dan perilaku, pengetahuan, ilmu, serta keterampilan mahasiswa melalui serangkaian proses pembelajaran yang diselenggarakan secara sistematis berdasarkan acuan/standar yang telah ditetapkan.

2. Penelitian

Meliputi sistem penerapan dan pemanfaatan peningkatan sikap dan perilaku, pengetahuan, ilmu, serta keterampilan yang didapatkan mahasiswa dari proses pendidikan, untuk menemukan, mengenali dan mencari alternatif pemecahan berbagai masalah yang dihadapi masyarakat dalam perspektif disiplin ilmu yang ditekuni mahasiswa.

3. Pengabdian Masyarakat

Meliputi sistem penerapan dan pemanfaatan hasil pendidikan dan penelitian dalam berbagai kegiatan nyata yang dilakukan untuk tricivitas academica untuk memberdayakan masyarakat, mengenali dan mencari alternatif pemecahan berbagai masalah yang dihadapi masyarakat. Misi ini diselenggarakan secara simultan dengan kedua misi lain dalam berbagai kegiatan: prektek kerja lapangan (PKL), kuliah kerja nyata (KKN), pemagangan dan lain-lain.

Ketiga misi utama tersebut dirancang secara sistematis untuk mengembangkan berbagai aspek kopetensi akademis, teknis, manajerial dan kepemimpinan yang perlu dikuasai mahasiswa sebagai basis untuk membangun profesionalisme mereka.

B. Mitra Utama Mahasiswa Dalam Pendidikan Tinggi

Upaya mewujudkan ketiga misi utama sistem pendidikan tinggi tersebut, merupakan amanah bagi setiap pelaku/subjek dalam setiap sistem pendidikan tinggi yang terangkum secara sistematis sebagai tircivitas academica perguruan tinggi, dengan liputan dan rincian yang bisa dirangkum sebagai berikut:

1. Mahasiswa

Meliputi segenap peserta didik dalam penyelenggaraan sistem pendidikan tinggi, baik yang masih aktif (mahasiswa), maupun yang telah selesai mengikutinya (alumni).

2. Tenaga akademis

Meliputi segenap pengajar dan pembibing mahasiswa dalam setiap tahapan dan aspek sistem pendidikan, yaiut: dosen/asisten dosen penyaji mata kuliah, pembimbing praktikum, dosen pembimbing akademik/dosen wali, serta dosen pembimbing dan penguji penelitian dan penyusun skripsi.

3. Tenaga pengelola pendidikan

Meliputi segenap pejabat struktural dan karyawan pengelola kegiatan pendidikan tinggi: dekan dan para pembantu dekan, ketua jurusan dan program studi, serta para pengelola administrasi fakultas.

Mahasiswa wajib mengenali serta menjalin silahturahmi dan membangun sinergi dengan para mitranya tersebut diatas untuk memperlancar dan meningkatkan kualitas penyelesaian studinya. Upaya menjamin silahturahmi dan membangun sinergi secara proporsional amat bermanfaat untuk mengembangkan berbagai kopetensi manajerial dan kepemimpinan mahasiswa sebagai basis soft skil yang diperlukan dalam mambangun kinerja dan prestasinya secara profesional.


No comments:

Post a comment