Friday, 7 October 2016

Cara Agar Menjadi Mahasiswa Sukses Dalam Pendidikan

Ingin Menjadi Mahasiswa Sukses?, Siapkan Kiat-kiat Sukses Studimu

A. Bangun Visi Studi Yang Jelas

Mahasiswa yang baik wajib membangun visi studi yang jelas: meningkatkan penguasaan PITEK (Pengetahuan, Ilmu dan Teknologi) secara sistematik melalui persentase aktif mahsiswa dalam mewujudkan tridharma perguruan tinggi bersama tricivitas academica perguruan tinggi untuk diaktualisasikan secara profesional dalam berbagai aspek kehidupan.

Secara praktis, mahasiswa wajib menyadari bahwa ia telah memilih secara sadar dan sukarela untuk menjadi mahasiswa, yang wajib menyiapkan diri untuk mengabdikan diri secara profesional. Sebagai konsekuensinya, mahasiswa wajib menyiapkan diri sejak dini untuk menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat nyata bagi dirinya sendiri, keluarga, ummat/masyarakat, daerah, serta bangsa dan negara.

B. Pahami Dan Hayati Pendidikan Tinggi Secara Sistematis dan Utuh

Mahasiswa yang baik wajib memahami dan menghayati setiap aspek pendidikan tinggi yang telah dipilihnya secara sadar dan sukarela tersebut secara sistematis dan utuh. Pemahaman penghayatan secara sistematis dan utuh ini amat penting untuk mengoptimalkan peran serta aktif mahasiswa dalam setiap aspek sistem pendidikan tinggi yang digelutinya, serta untuk menyerap manfaat yang disajikan almamaternya secara optimal.

Secara praktis, mahasiswa wajib menyadari dan menghayati secara sistematis dan utuh berbagai aspek keterkaitan antara tridharma perguruantinggi dan tricivitas academica almamaternya. Dalam tataran yang lebih mikro, mahasiswa wajib menyadari dan menghayati secara sistematis dan utuh berbagai keterkaitan antar mata kuliah yang disajikan almamaternya, sebagai basis untuk menyerap materi, substansi dan esensi semua mata kuliah secara produktif.

C. Kelola Berbagai Sumber Daya Internal dan Eksternal Secara Produktif

Mahasisiwa yang baik wajib memahami dan menghayati setiap aspek kekuatan dan kelemahan internal dirinya, serta setiap peluang dan tantangan yang disajikan almamaternya dan lingkungannya. Pemahaman dan penghayatan secara sistematis dan utuh atas keempat aspek utama kehidupan itu amat bermanfaat sebagai basis penyusunan strategi dalam pendidikan dan meniti karir profesi.

Secara praktis, mahsiswa harus mau dan mampu mengoptimalkan pemanfaatan berbagai kekuatan internal yang dimilikinya dan berbagai peluang eksternal yang dihadapinya secara produktif. Di sisi lain, mahasiswa harus mau dan mampu meminimalisir berbagai kelemahan internal yang dimilikinya serta berbagai tantangan eksternal yang dihadapinya, bahkan merubah berbagai aspek kelemahan dan tantangan itu menjadi kekuatan dan peluang untuk meraih sukses secara profesional.

Optimalkan setiap potensi yang telah dikaruniakan Allah SWT kepada kita untuk meningkatkan kualitas dan kebahagiaan kehidupan kita di dunia dan akhirat, dengan cara membangun sikap rendah hati dan lapang dada, sehingga senantiasa siap menyerap dan mengembangkan limpahan ilmu dari siapapun, untk dibagikan kepada siapapun yang membutuhkannya.

No comments:

Post a comment