Monday, 3 October 2016

7 Tips Agar Diterima Di Perguruan Tinggi Negri

A. Tips Untuk Lulusan SMA,SMK,MA Masuk Perguruan Tinggi Negri

Bagi siswa yang sudah mencapai kelas 3 SMA, SMK, dan MA atau sederajad harus sudah memiliki rencana untuk melanjutkan studi dimana. Anda bebas memilih untuk melanjutkan studi dimana sesuai Perguruan Tinggi Negri (PTN) yang diminati. Namun untuk masuk ke PTN tentunya tidak semudah seperti apa yang dikira, anda harus melewati serangkaian test SBMPTN yang cukup menguras otak anda. Nah, oleh sebab itu anda harus menyimak beberapa tips untuk masuk ke PTN.

7 Tips Agar Diterima Di Perguruan Tinggi Negri

1. Siapkan diri anda dari jauh hari

Sebelum lulus UN bagi anda yang kurang menguasai dalam hal pelajaran, sangat direkomendasikan mulailah belajar lebih awal. Ajaklah teman yang juga mau melanjutkan ke PTN lewat jalur SBMPTN untuk belajar bersama-sama.

Pelajarilah buku tentang kumpulan soal-soal test SBMPTN, sangat efektif jika teman belajar anda lebih pintar sehingga tidak banyak menbuang waktu cuma hanya mencari jawaban yang benar. Luangkan waktu untuk mempelajarinya 1-2 jam 3 hari per minggu atau tentukan jadwalnya sendiri dengan catatan harus konsisten dan belajar yang serius.

2. Ikut lest private/bimbingan belajar untuk melanjutkan ke PTN

Jika anda tidak memiliki teman untuk diajak belajar bersama, lebih baik ikuti saja les/bimbingan belajar. Saran bagi anda jika mengikuti bimbingan belajar, diusahakan jangan mendekati hari pelaksanaan tes SBMPTN, karena akan membuat anda belum mengenal soal-soal lebih dalam lagi. Sebelum les, ketahui dulu diri anda apakah bisa belajar dengan jumlah peserta yang banyak?. Hal tersebut tergantung pada diri anda sendiri dan jangan sampai menyesal dikemudian hari. Menurut saya pibadi baik itu banyak atau sedikit jumlah pesertanya tidak menjadi masalah yang penting belajarnya sungguh-sungguh dan serius, kasihan jugakan orangtua yang sudah membiayai.

3. Ketahui dulu potensi anda agar tepat dalam memilih jurusan

Hal ini sangat penting untuk anda ketahui. Sebelum anda memilih jurusan yang diminati, lebih baiknya anda mengetahui dulu apa kemampuan anda?. Setiap individu memiliki kemampuan yang berbeda-beda, ada individu yang mampu menguasai dalam ilmu kedokteran, politik, sastra, matematika dan lain sebagainya. Jika anda memilih jurusan yang tidak sesuai dengan kemampuan, maka yang akan terjadi selanjutnya anda akan sangat kesulitan untuk mencapai tujuan. Ketahuilah kemampuan dan galilah potensi anda serta pilihlah jurusan yang sesuai dan bukan hanya sekedar terkenal, agar mudah untuk mencapai tujuan.

Cari sumber informasi jurusan sesuai kemampuan anda di websait dengan somber link dari Universitas terkenal di seluruh Indonesia. Cari informasi tentang gambaran jurusan yang akan dipilih, ketahui juga berapa scor yang harus dicapai sebagai syarat penerimaan Mahasiswa. Jika scornya dirasa terlalu tinggi, lebih baik anda mencari jurusan/Universitas yang lainnya dengan persyaratan yang anda bisa penuhi.

4. Jangan menyepelekan waktu

Jangan pernah menyepelekan waktu untuk tidak belajar. Jika ada waktu luang, isilah dengan belajar jangan terlalu banyak bermain. Ketika hari test masih jauh, kebanyakan siswa cendrung masa bodo, tapi waktu sudah mendekati hari test barulah mereka stress dan kalang kabut mikirin belajar dan belajarnya tidak akan efektif. Maka dari itu butuh menegement wakut yang baik dan jangan malas buat belajar.

Dari pada anda stres karena ngebayangi soal-soal yang membuat anda takut gagal, lebih baik belajar dari jauh hari. Berdasarkan pengamatan yang terjadi setelah pengumuman kelulusan siswa yang lulus terlarut ke dalam euforia liburan dan lupa untuk belajar. Hal seperti itu yang akan membuat anda akan stres dalam menghadapi soal-soal test nantinya. Oleh sebab itu, gunakan waktu libur anda sebaik mungkin untuk menyempatkan belajar, agar tidak menyesal nantinya.

Anda merasa pintar di daerah sendiri?. Jangan terlalu bangga deh, karena test SBMPTN akan diikuti oleh peserta di seluruh Indonesia. Banyak peserta yang sudah mempersiapkan diri dari jauh hari untuk melampaui anda. Jadi persiapkan diri anda dengan semaksimal mungkin dan jangan sombong.

5. Pelajari strateginya

Untuk menyelesaikan setiap soal pasti ada strateginya tersendiri. Strategi tersebut sudah anda terima sejak mengikuti les/bimbingan belajar, surfing di internet atau tanya dengan teman. Contoh salah satu strateginya: kerjakan soal terlebih dulu yang menurut anda mudah, nah itu salah satu strategi yang paling mendasar sejak Sekolah Dasar. Masih banyak strategi-strategi lainnya yang harus anda ketahui melalui berbagai sumber informasi. Sering-seringlah berlatih dalam menyelesaikan soal-soal test SBMPTN dan bisa jadi akan menemukan strategi yang sesuai dengan diri anda.

6. Berdo'alah

Sudah berusaha semaksimal mungkin tetapi kalau tidak berdoa sama aja anda sombong. Ada sebuah pernyataan dari Rons Onyol "Usaha tanpa do'a itu sombong, doa tanpa usaha itu omomg kosong". Pernyataan tersebut memang benar, dan anda tanpa Dia gak ada apa-apanya. Jadi sempatkanlah waktu anda untuk berdo'a memohon kemudahan dalam menyelesaikan soal-soal. Memohon untuk diberikan petunjuk atas jalan yang terbaik selain diterima di PTN, karena diteriam di PTN belum tentu lebih baik dari jalan lain. Siapa yang tahu? anda akan sukses baik itu diterima atau di jalan lain, so jangan lupa berdo'a dan beribadah kepadaNya.

7. Terakhir percaya dan yakin

Anda harus percaya dan yakin pada diri sendiri atas perjuangan yang sudah dilakukan sampai sejauh ini. Anda harus yakin akan keberhasilan yang dicapai. Jika anda tidak percaya dan yakin, anda tidak perlu melakukan 7 tips tersebut.

Terima kasih atas kunjungannya. Semoga anda semua berhasil dengan tujuan anda yang diinginkan. Selamat berjuang...


No comments:

Post a comment