Monday, 17 October 2016

10 Fakta Unik Hiu Yang Mengejutkan

10 Fakta Unik Tentang Hiu

Ikan Hiu tergolong kedalam kelompok (superordo Selachimorpha) memiliki kerangka tulang rawan yang lengkap dengan bentuk tubuh yang ramping. Untuk bernafas dalam air hiu memiliki alat pernapasan berupa lima atau lebih liang insang tergantung dari spesiesnya yang letaknya di sisi kanan dan kiri. Kulit hiu dilengkapi dengan lapisan kulit dermal yang berguna untuk melindungi dari kerusakan, gangguan parasit, dan untuk menambah dinamika air. Gigi hiu selau tumbuh jika ada yang patah dan berderet diseluruh mulut hiu.


Ukuran tubuh hiu dimulai dari sebesar telapak tangan hingga terbesar dengan ukuran 12 meter. Untuk jenis hiu dengan ukuran hanya sebesar telapak tangan, yaitu: Hiu pigmi, Euprotomicrus bispinatus, yang berasal dari laut dalam dengan panjang 22 cm. Sedangkan untuk jenis hiu yang terbesar adalah Hiu paus, Rhincodon typus dengan panjang 12 meter. Ada beberapa hiu yang dapat hidup berenang di air tawar dan air laut, jenis hiu tersebut adalah hiu banteng, carcharhinus leucas yang ditemukan di daerah danau Nikaragua, dan Amerika tengah dan di delta-delta.

Hiu tergolong hewan laut yang terganas dengan memuncaki klasmen dalam rantai makanan di laut. Hiu juga penyumbang terbanyak kematian manusia karena keganasannya. Di bawah ini adalah 10 fakta unik dari hiu yang mungkin belum banyak yang mengetahuinya:
  1. Hiu memang terkenal dengan keganasannya yang mampu membunuh hingga 12 atau lebih per tahunnya. Namun fakta yang mengejutkan ternyata manusia lebih ganas lagi yang mampu membunuh 11,417 hiu perjamnya. Tujuan manusia membunuh ikan terganas di dunia ini adalah untuk keperluan bisnis dengan mengambil minyak ikan, sirip dan dagingnya untuk menjadi makanan.
  2. Hiu dapat hidup hingga 100 tahun tergantung habitat hidupnya. Jenis hiu ini dalah hiu paus. Hiu paus merupakan jenis hewan laut yang terbesar dengan ukuran panjangnya hingga 12 meter. Walupun tubuh hiu ini sangat besar namun tidak seganas hiu jenis lainnya, hewan ini tergolong hewan yang jinak dengan makanan favoritnya yaitu palankton dan organisme kecil lainnya. Fakta yang mengejutkan hanya dengan memakan plankton dan organisme kecil lainnya, hiu paus ini mampu tumbuh hingga 12 meter. Kok bisaya?
  3. Hiu memiliki indra penciuman yang sangat tajam dan mampu mencium setetes darah dengan jarak 2 km. Hal ini dikarenakan 2/3 otak hiu terdapat saraf sensorik lobus olfaktorius (penciuman). Oleh karena itu, setiap ada hewan laut yang terluka bahkan manusia yang berada dalam zona penciumannya akan terancam bahaya oleh hiu. Indera penciuman hiu terletak dibagian bawah moncong mulutnya. Hiu dapat mencium setetes darah dalam 100 liter air karena memiliki indera penciumannya yang tajam.
  4. Jika hiu tidak berenang, maka hiu akan tenggelam kedasar laut. Hal ini dikarenakan, hiu tidak memiliki kantung kemih renang yang dapat membantunya mengapung. Dengan bergerak maju, hiu mendapatkan ketersediaan udara yang kaya oksigen yang mengalir di antara insang-insangnya  untuk pernapasannya.
  5. Jumlah gigitan hiu terhadap manusia lebih sedikit dibandingkan manusia. Warga New York mampu menggigit sesamanya 10 kali lebih banyak, dari berbagai sumber menyebutkan setidaknya warga New York menggigit 25 orang. Hahahaha ada-ada aja ni warga Amerika, supaya apa coba gigitin orang?. Ini yang aneh hiunya atau manusianya?.
  6. Ada hiu yang mampu hidup hingga 200 tahun. Hiu tersebut berada di Greenland dengan memakan beruang kutub dengan panjang tubuhnya 21 kaki, kecepatan renang yang lambat sekitar 2,7 km/jam. Jenis hiu ini adalah (Somniosus microcephalus) yang memiliki tulang punggung, cendrung hidup pada ke dalam 1800 m di bawah permukaan laut dan henya menghendaki habitat air laut dengan suhu -1 sampai 10 derajat celcius. Jika suhu permukaan laut menjadi hangat, maka hiu akan berenang ke dalam laut atau menuju perairan yang lebih dingin.
  7. Kanibal atau memakan sesama jenisnya adalah embrio jenis hiu macan yang sudah memiliki gigi yang terjadi di dalam rahim sang induk. Hal ini mereka lakukan karena saling bersaing untuk bertahan hidup di dalam rahim dan hingga akhirnya mempu bertahan hidup di luar rahim. Sungguh fakta yang mengejutkan , sejak masih berbentuk embrio saja hiu ini sudah memiliki  insting membunuh.
  8. Ada hiu yang mampu mengalahkan kecepatan mobil sport. Hiu jenis ini adalah hiu (Isurus oxyrinchus) atau "Shortfin Mako" atau hiu Mako dengan kecepatan berenangnya tembus hingga 100 km/jam. Habitat hiu mako terdapat pada perairan yang relatif hangat, pada umumnya di perairan Atlantika dari Argentina hingga ke Teluk Meksiko, dapat hidup di kedalaman hingga 490 kaki.
  9. Diyakini bahwa keberadaan hiu di dunia sejak 420 juta tahun lalu. Hiu megalodon merupakan jenis hiu tertua alias purba dan terbesar di dunia yang saat ini punah. Namun beberapa akhir ini hiu megalodon pernah tertangkap kamera, ntah itu benar atau tidak, atau hanya sekedar ilustrasi teknologi visual yang sangat modern.
  10. Hiu dapat bertahan hidup selama sebulan tanpa makan. Hiu jenis ini adalah hiu putih yang dapat hidup hingga 70 tahun. Hiu jenis ini sangat terkenal dengan keganasannya, walau bertubuh kurus hewan ini sangat mematikan apalagi dalam keadaan sedang lapar. Hewan ini akan bertindak agersif dengan keterampilan membunuhnya yang baik akibat lama tidak makan. Oleh sebab itu, jangan sekali-sekali anda mendekatinya.

Demikian 10 Fakta unik yang dimiliki spesies hiu. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan pengetahuan anda.

2 comments:

  1. Bermanfaat sekali artikelnya. Banyak contoh rantai makanan dapat kita temukan di sekitar kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut ane sih, manusialah yang paling tinggi posisinya dalam rantai makanan..

      Delete