Sunday, 4 September 2016

Tinjauan Pustaka Pengaruh Pemupukan Terhadap Tanaman

A. Pengaruh Pemupukan Terhadap Tanaman

Menurut Sutedjo (2002), pemupukan adalah prmberian/penambahan bahan-bahan/zat-zat pada tanaman/tanah untuk mencukupi keadaan makanan/unsur hara dalam tanah yang tidak cukup terkandung didalamnya. Dari semua unsur hara yang diperlukan tanaman, unsur N (nitrogen), P (fosfor) dan K (kalium) merupakan tiga unsur utama yang diberikan pada tanaman.

Menurut Musnawar (2005), dua alasan yang dapat menyebabkan ketiga hara tersebut dikatakan sebagai unsur utama dan unsur esensial adalah (1), apabila unsur-unsur itu tidak tersedia dapat menyebabkan siklus hidup tanaman tidak lengkap, perkembangannya tidak normal, kualitas hasil tidak sempurna dan lain-lain, (2), unsur-unsur tersebut terlibat langsung dalam kebutuhan tanaman, fungsi unsur-unsur tersebut tidak dapat digantikan oleh unsur lainnya.

Kebutuhan unsur hara juga dapat dipenuhi dengan pemberian pupuk organik yang diaplikasikan melalui tanah. Selain pemberi unsur hara bagi pertumbuhan tanaman, pupuk organik juga berfungsi meningkatkan kelembaban tanah dan memperbaiki struktur tanah (Musnawar, 2005).

Pupuk merupakan kunci dari kesuburan tanah karena berisi satu atau lebih unsur untuk menggantikan unsur yang berkurang terserap tanaman (Lingga dan Marsono, 2006).

Pemuppukan yang tidak tepat dapat menimbulkan kerusakan seperti pupuk terbuang percuma, tidak mencapai sasaran sehingga tidak efisien dalam kadar hara berkurang kualitasnya. Sedangkan kerugian pada tanaman adalah tanaman menjadi tidak sehat dan mudah terserang hama dan penyakit sehingga hasil yang diperoleh rendah (Marsono dan Sigit, 2002).

Untuk memenuhi kebutuhan pupuk bagi tanaman dan meningkatkan kesuburan tanah, pemupukan tanaman dilakukan dengan memperhatikan dosis, waktu dan cara pemberiannya sehingga pemberian pupuk pada tanaman tidak berlebihan. Pupuk tidak dapat diberikan sekaligus karena akan segera hilang terbawa air dang menguap (Novizan, 2000).

Sumber referensi/Daftar pustaka:

Lingga, P. dan Marsono. 2006. Petunjuk penggunaan pupuk. Penebar Swadaya.

Marsono dan P. Sigit. 2002. Pupuk akar dan jenis aplikasi. Penebar Swadaya, Jakarta.

Musnawar, E.I. 2003. Pupuk organik cair dan padat pembuatan aplikasi, Penebar Swadaya, Jakarta.

Novizan. 2002. Petunjuk pemupukan yang efektif. Penebar Swadaya, Jakarta.

Sutedjo. M.M. 2002. Pupuk dan cara pemupukan. Rineka Cipta, Jakarta




No comments:

Post a comment