Saturday, 17 September 2016

Pengertian Manajemen Pemasaran Dengan Jelas

A. Manajemen Pemasaran

Boyd et al (2000) mentakan bahwa menejemen pemasaran adalah proses menganalisis, merencanakan, mengkoordinasikan dan mengendalikan program-program yang mencakop pengkonsepan, penetapan harga, promosi dan distribusi dari produk, jasa dan gagasan yang dirancang untuk menciptakan dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan.

a. Proses manajemen pemasaran meliputi :
  1. Merencanakan trategi pemasaran.
  2. Mengarahkan implementasi rencana dan program.
  3. Mengendalikan rencana.
b. Perencanaan pemasaran mencakup :
  1. Menetapkan tujuan.
  2. Menilai peluang.
  3. Menciptakan strategi pemasaran.
  4. Mengembangkan program pemasaran (A.W Tunggal 2001)
Dharmaseta Swasta dan Handoko (2004) mendefinisikan manajemen pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan dan pengawan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasaran yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan.

Berdasarkan definisi tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen pemasaran adalah suatu kegiatan yang sangat kompleks dan kuat yang memerlukan perhatian dari pimpinan perusahaan atau organisasi agar tujuan organisasi  perusahaan dapat tercapai.

Manajemen pemasaran merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh suatu perusahaan yang ditujukan untuk mengatur proses pertukaran.

Menurut Tjiptono (2002), manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi penentuan harga, promosi dan distribusi barang, jasa dan gagasan untuk menciptakan pertukaran dengan kelompok sasaran yang memenuhi tujuan pelanggan dan organisasi.

Sedangkan menurut Rismiati (2001) adalah "sebagai analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian atas program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan menjaga pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan organisasional".

Sumber referensi/Daftar pustaka :

Tjiptono Fandy. Strategi pemasaran, Andi. Yogyakarta, 1997.


No comments:

Post a comment