Friday, 15 July 2016

Efek Samping Obat Anti Nyamuk Terhadap Kesehatan Manusia

Efek Samping Obat Anti Nyamuk Terhadap Kesehatan Manusia

A. Obat Anti Nyamuk

Saat ini terdapat banyak sekali macam-macam produk obat anti nyamuk yang diproduksi dan menyebar keseluruh pasar baik tradisional maupun moderen diseluruh Indonesia bahkan dunia. Banyak pilihan produk obat anti nyamuk di pasaran misalnya: obat anti nyamuk berbentuk oles, bakar, semprot, maupun elektrik. Kegunaan semua obat anti nyamuk adalah untuk mengusir dan membunuh nyamuk. Bedanya adalah merek dagang, kemasan, dan konsentrasi bahan aktif atau zat racunnya. Obat anti nyamuk sangat berbahaya bagi kesehatan manusia karena kandungan bahan aktifnya yang termasuk golongan organofosfat. Kandungan bahan aktif dalam formulasi obat anti nyamuk adalah dichlorovynil dimethyl phosfat (DDVP), propoxur (karbonat) dan diethyltoluamide, yang merupakan golongan insektisida pembunuh serangga. Selain itu, obat anti nyamuk juga memiliki bahan tambahan berupa pewangi, pewarna, dan pengawet. Bahan-bahan tambahan tersebut juga tidak baik pengaruhnya terhadap kesehatan manusia. Zat racun nyamuk yang bersifat membunuh nyamuk terkandung pada semua jenis obat anti nyamuk baik semprot, bakar, dan elektrik. Sedangkan pada obat anti nyamuk oles hanya bersifat mencegah dan mengusir nyamuk.

Pasalnya obat anti nyamuk yang baik digunakan adalah yang ampuh, aman, dan murah. Semakin ampuh suatu obat anti nyamuk, semakin berbahaya bagi kesehatan manusia karena tingginya konsentrasi zat insektisida yang terkandung di dalamnya. Hal tersebut memang benar, karena semakin ampuh daya musnahnya terhadap serangga, semakin kuat juga daya rusaknya terhadap organisme hidup lainnya seperti manusia. Efek samping yang buruk terhadap organisme hidup lainnya adalah gangguan saraf, ginjal, pernapasan, fungsi liver, hingga efek karsinogenik (pemicu kanker) dalam jangka panjang.

1. Macam-macam obat anti nyamuk

a. Obat anti nyamuk oles/lotion

Fungsi obat anti nyamuk oles adalah tidak membunuh nyamuk melainkan hanya mencegah dan mengusir nyamuk. Daya tahan untuk melindungi dari gangguan gigitan nyamuk mulai dari 4 hingga 8 jam tergantung pada masing-masing produk. Karena kandungan bahan aktif yang bersifat racun dapat masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori kulit yang menimbulkan efek samping yang buruk bagi kesehatan, produk ini tidak diperkenankan untuk digunakan kepada anak di bawah usia 4 tahun. Obat anti nyamuk lotion/oles memiliki efek samping yang dapat mengiritasi kulit dan sangat berbahaya apabila mengenai selaput lendir dan kulit yang terluka, karena obat anti nyamuk tersebut mnegandung bahan dasar berupa zat aktif diethyltoluamide (DEET)

b. Obat anti nyamuk bakar

Obat anti nyamuk bakar tidak dianjurkan untuk digunakan sepanjang malam. Tidak terdapat rekomendasi dalam penggunaan obat anti nyamuk bakar, hindari penggunaan obat anti nyamuk tersebut setiap hari terutama pada anak yang memiliki penyakit sesak nafas/asma.

Obat anti nyamuk bakar mengandung zat kimia aktif berupa (allethrin, transfultrin, pralethrin, bioallethrin, esbiothrin, dan lain-lain) yang sudah di formulasikan sedemikian rupa, sehingga asap dari obat anti nyamuk bakar yang melayang di udara  mengandung zat aktif tersebut yang mampu membunuh nyamuk dan serangga lainnya. Kemungkinan besar bahan aktif tersebut akan terurai menjadi senyawa-senyawa lain yang lebih reaktif dari sebelumnya dan tentu lebih berbahaya dampaknya terhadap kesehatan organisme lain terutama manusia. Beberapa efek samping yang ditimbulkan oleh obat anti nyamuk bakar yaitu pedih di mata, menyebabkan batuk-batuk dan sesak nafas. Bakarlah obat anti nyamuk tersebut kira-kira 6-8 jam sebelumnya agar asap yang melayang di udara tidak langsung terhirup.


c. Obat anti nyamuk semprot

Obat anti nyamuk semprot berbentuk cairan yang penggunaannya dengan cara disemprotkan pada ruangan. Saat disemprotkan zat aktif yang terkandung akan menyatu dengan oksigen dan tidak akan hilang. Karena massa zat aktif pada obat anti nyamuk yang disemprotkan lebih berat dari pada oksigen sehingga zat aktif tersebut akan berjatuhan di setiap tempat dan benda-benda pada ruangan tersebut yang dapat menjadikan media penghantar masuknya zat aktif ke dalam tubuh yang dapat meracuni.

d. Obat anti nyamuk elektrik

Cara kerja obat anti nyamuk elektrik hampir sama dengan obat anti nyamuk bakar. Karena obat anti nyamuk elektrik dan bakar sama-sama menghasilkan asap dan wewangian yang berfungsi untuk mengusir nyamuk. Proses kerja obat anti nyamuk elektrik yaitu memasukan catridge yang kemudian akan memanas, jika terlalu panas akan mengeluarkan asap dan wewangian. Asap dan wewangian yang dihasilkan mengandung berbagai macam reaksi-reaksi zat aktif  yang dapat membunuh nyamuk dan mengakibatkan iritasi pada saluran pernapasan.

Cara aman penggunaan obat anti nyamuk elektrik yaitu dengan cara dipasang beberapa jam menjelang tidur, kemudian matikan ketika tidur, hindari penggunaanya sepanjang malam. Meskipun dengan dosis kecil dalam penggunaannya, tetap saja berbahaya karena mengandung zat aktif yang bersifat racun dan mampu membunuh nyamuk sehingga berbahaya juga bagi kesehatan manusia, terutama pada anak yang sensitif .


Sumber rujukan/Daftar pustaka

Tarwiyah. 2012. Pengaruh pemaparan pralahir obat anti nyamuk elektrik yang berbahan aktif D-Allethrin terhadap perilaku masa prasapih turunan F1 mencit (Mus musculus L.). Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam. Universitas Mulawarman. Samarinda.





No comments:

Post a comment