Monday, 16 May 2016

Apa itu skripsi?

A. Pengertian Skripsi


     Skripsi adalah suatu karya tulis ilmiah, berupa tulisan hasil penelitian yang membahas suatu masalah dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah ilmiah yang berlaku. Skripsi disusun oleh mahasiswa untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan untuk menjadi seorang sarjana (S1).

    Bimbingan Skripsi merupakan proses pengarahan dosen kepada seorang mahasiswa dalam menyusun skripsi. Pembimbing skripsi adalah dosen yang diberi tugas oleh Dekan untuk memberi bimbingan skripsi.

    Penelitian adalah kegiatan yang terencana, terarah, sistematis, dan terkendali dalam upaya memperoleh data dan informasi dengan menggunakan metode ilmiah untuk menjawab pertanyaan atau menguji hipotesis dalam bidang ilmu tertentu. Sumber data untuk penyusunan skripsi dapat diperoleh melalui data primer, data sekunder, dan data tersier.

      Data primer adalah data yang diperoleh peneliti dilapangan, baik melalui wawancara maupin hasil pengamatan langsung lainnya. Data sekunder adalah data yang diperoleh dengan memanfaatkan hasil pengumpulan data dari pihak lain,  misalnya profil kelurahan, data Badan Pusat Statistik, dan rekam medik. Data tersier dapat diperoleh dari tesis, disertasi, jurnal, dan majalah ilmiah.


B. Materi Skripsi


       Permasalahan yang akan diangkat menjadi topik skripsi dikembangkan dari bidang ilmu masing-masing dan bidang ilmu yang terkait. Materi karya tulis ilmiah didasarkan atas data dan/informasi yang berasal dari studi kepustakaan , penelitian, laboratorik, dan/peneliti lapangan. Hal ini dimasukan agar mahasiswa memperoleh pengalaman penelitian, baik kepustakaan, laboratorik, dan lapangan, serta menuangkannya dalam bentuk paparan karya tulis ilmiah.

Daftar Pustaka

2015. Buku pedomam pembuatan skripsi Universitas Mulawarman. Samarinda

No comments:

Post a comment